Membangun PT untuk Startup Secara Ekonomis Part 1

Sempat kesempatan lalu saya mengikuti tes untuk melanjutkan studi D3 Ke S1 di Universitas Indonesia namun sayangnya belum berkesempatan untuk diterima pada kala tahun itu 2016, sempat berkecil hati karena pada saat itu saya sudah berupaya semaksimal mungkin, dan menggalang do’a kepada teman dan saudara. Mungkin do’a yang telah dikabul oleh Allah adalah semoga dapat yang terbaik, ya kebanyakan rekan saya berkonotasi seperti itu do’anya. Ternyata rencana Allah memang terbaik, dengan tidak diterimanya saya untuk melanjutkan kuliah, saya bisa mengikuti program lain yang sebelumnya saya sudah terima yaitu Founder Institute, sebuah short-course program untuk membuat suatu startup dengan kurikulum standard international. Ada hal menarik disana yaitu kita harus benar-benar me-launching sebuah perusahaan berbadan hukum, ya sebuah PT.

Pada awalnya saya tidak ingin lagi terjun ke dunia startup namun karena sebelumnya ada perlombaan membuat business plan dengan hadiah menggiurkan yaitu 100jt pada JCW Best Business Plan Competition 2016, saya pun bersemangat untuk ikut namun sayangnya tidak sampai lolos 10 besar, kami hanya sampai 50 besar.

Ide dari bisplan inilah yang saya submit untuk ikut FI, dan berkolaborasi dengan sesama peserta FI sehingga terbentuklah PT. Guruloka Edukasi Teknologi

Mendirikan sebuah badan hukum perusahaan startup tidak begitu sulit, dan tidak memerlukan banyak modal.
Saya ingin share pengalaman ini, karena ternyata beberapa kesempatan lalu teman saya melakukan hal yang sama, yaitu membuat PT namun dengan
anggaran yang jauh berbeda, yaitu hingga 23jt.

Hal yang harus kalian persiapkan adalah:

Lokasi alamat perusahaan: Gunakan sewa virtual office. Kala itu saya menggunakan virtual office di daerah kuningan.
Notaris: Gunakan saja notaris yang terdekat dilingkungan Anda, tapi sangat direkomendasikan notaris sudah pernah menangani perusahaan startup. Kala itu saya menggunakan jasa dari sebuah startup bernama Prolegal.id
Team: namanya juga perusahaan kata jamak dari usaha, otomatis kamu harus punya tim yang punya satu visi dengan kamu. Kala itu saya berpartner dengan peserta FI juga dan temannya yg non-FI. Secara ilmu bisnis partner disarankan jangan dengan teman atau keluarga, karena akan terlibat kontak perasaan karena business is business no heart feeling.
Modal: Untuk bayar VO dan notaris 3,6 dan 3 minimal 7jt dibagi banyak anggota direksi.

Langkah Pertama adalah masing2 direksi dipastikan memiliki ktp dan npwp.
KTP pasti udah pada punya, nah mungkin npwp yang sebagian pada belum punya,
pembuatan npwp itu sepenuhnya GRATIS, cara pembuatannya pun cukup mudah,
cukup registrasi online menggunakan data diri sesuai ktp, dan nanti npwp akan dikirim ke alamat sesuai yang tertera di ktp.

Berikutnya, kamu harus mempersiapkan pembagian presentasi masing – masing para pemegang saham.
Disini pasti hal yang sensitif, pasti akan terjadi diskusi hangat saling mengutarakan kepentingan posisi satu sama lain,
namun disinilah seni dalam perusahaan semakin kita berargumen akan menjadi lebih solid.
Jadi pastikan semua mendapat porsi yang sesuai, untuk mengecek persentase saham yang berhak kita dapatkan
bisa dicoba tools startupcofounder.com

Selanjutnya, sebelum menemui notaris alangkah baiknya minta draft akta pendirian nya terlebih dahulu via email,
supaya jika terjadi kesalahan langsung bisa kamu koreksi. jadi ketika bertemu bisa langsung ditandatangani.
Periksa setiap detail informasi dan pernyataannya kalimat – kalimatnya, disini kamu akan belajar banyak
menemukan istilah – istilah baru, dan kebijakan – kebijakan apa yang berhak dilakukan dan bagaimana
keberlangsungan sebuah perseroan berjalan.

Dan kemudian, setelah data sesuai. Jadwalkan pertemuan dengan notaris atau agen yang membantu anda untuk pelegalan untuk penandatanganan akta.
Kemudian Anda harus menunggu beberapa hari setelah penandatanganan hingga terbit SK Menkunham.

Nanti kita akan bahas bagaimana pembuatan Surat Keterangan Domisili dan Nomor Pokok Wajib Pajak pada artikel berikutnya, sampai ketemu lagi.

Salam,
Faris Abdurrahman.

Bantu Kembalikan Senyuman Sindi Melawan Hidrosefalus

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakaatuh. Perkenalkan saya Faris Abdurrahman, selaku Ketua Umum Generasi Madani Tasikmalaya (GMT) mengajak Anda untuk turut berperan membantu meringankan hidup keluarga ibu Rohmah yang anaknya menderita penyakit hidrosefalus.

Berikut video wawancara khusus yang dilakukan Anggota kami Agus Misbachudin, terhadap orang tua penderita pada tanggal 4 November klik disini

Berikut kisahnya:

​Sindi teridentifikasi menderita Hidrosefalus sejak usia enam bulan, dan pernah melakukan operasi Ventriculoperitoneal shunt (VP shunt) pertama kali pada usia sembilan bulan untuk pemasangan alat kesehatan pada kepalanya berupa selang kecil halus untuk melepaskan tekanan dalam otak dan mengalirkan kelebihan cairan serebrospinal (CSF) dari kepalanya, yang menyebabkan perluasan ruang dalam otak (ventrikel) menjadi sangat cepat, sehingga memicu tekanan yang tak semestinya. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat berujung pada kerusakan otak.

b10c618efcf668201a0d0b833ceaa08e5bd54493

Ibunda dari Sindi Aulia kerap kali terlihat berjualan makanan rempeyek di sekitaran Masjid dekat sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Ciawi bersama anak bungsu nya yang terjangkit penyakit Hidrosefalus untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari – hari, walaupun harus rela berjalan kaki sejauh ratusan meter dari rumahnya di Kp. Kiara Kuda.

Tidak seperti anak seusianya, Sindi yang sekarang menginjak usia empat setengah tahun, Sindi masih perlu bantuan tangan ibu nya untuk makan, masih memerlukan gendongan ibu nya untuk berjalan, dan menggunakan isyaratnya sendiri untuk berkomunikasi.

Istilah hidrosefalus berasal dari bahasa Yunani “hydro” yang berarti air dan “cephalus” yang berarti kepala, merupakan kondisi dengan ciri utama akumulasi cairan yang berlebihan di otak.

Pemicu hidrosefalus pada bayi belum diketahui dengan jelas, tetapi secara umum dapat disebabkan oleh cacat genetik, perdarahan pada janin sebelum kelahiran, infeksi pada ibu seperti toksoplasma atau sifilis, atau cacat lahir seperti spina bifida.

Terapi hidrosefalus sebaiknya dilakukan sebelum bayi berumur 4 bulan untuk mengurangi risiko kerusakan otak.

Tujuan utama pengobatan penyakit ini adalah mengurangi jumlah cairan di otak. Biasanya dokter akan menempatkan selang fleksibel yang disebut shunt, ke otak untuk mengeringkan cairan.

Shunt tersebut akan membawa cairan ke bagian tubuh lain, biasanya perut atau jantung, agar cairan itu dapat diserap.

Shunt tersebut selanjutnya akan diganti seiring pertumbuhan untuk menyesuaikan dengan badan mereka yang makin besar. Diperkirakan sebanyak dua kali prosedur pemasangan shunt akan dilakukan pada anak-anak sebelum mereka menginjak usia 10 tahun.

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Hidrosefalus

https://www.docdoc.com/id/info/procedure/ventricul…

Namun karena terkendala biaya, hingga sekarang Sindi belum lagi melakukan control/checkup selama kurang lebih 3 tahun setelah operasi pertamanya, padahal seharusnya saran dokter dilakukan minimal 1 bulan sekali atau maksimal 3 bulan sekali.

71a44f3ed69cb4abef51e46845f1ddc0c1fa7eb2

Hal otomatis, tagihan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan milik Sindi yang setiap bulan pun tak sanggup Ibu Rohmah lunasi. Sehingga sampai sekarang kurang lebih selama 3 tahun tagihannya menunggak, dan hal wajib untuk bisa menggunakan kembali BPJS tersebut adalah melunasi tagihan sebelumnya.

Kedua orang tua Sindi yaitu Ibu Siti Rohmah (35 tahun) dan Bapak Wawan (39 tahun), memiliki 3 anak. Suami Ibu Rohmah ini bekerja sebagai Office Boy (OB) di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Islamiyah di Ciawi Kabupaten Tasikmalaya.

Penghasilan yang pas-pasan untuk menyambung hidup dan membiayai ketiga anaknya saja sudah bersyukur, namun hal itu menjadi kendala dalam proses penyembuhan anaknya Sindi, apalagi mengingat satu kali operasi Sindi mencapai 35 juta untuk satu kali operasi tanpa BPJS Kesehatan.

Generasi Madani Tasikmalaya (GMT) berinisiatif menggalang dukungan dari publik melalui Kitabisa.com untuk membantu Ibu Siti Rohmah dalam pengobatan anaknya yang menderita hidrosefalus .

Donasi yang terkumpul nantinya akan disalurkan GMT kepada Ibu Siti Rohmah, dengan harapan dapat membantu keluarga Sindi untuk bisa meringankan hidupnya, minimal dengan melunasi tagihan BPJS nya Sindi, agar Ibu Siti dapat melakukan kontrol kesehatan Sindi, memastikan kondisi shunt nya tidak infeksi atau terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kemudian kami ingin membuatkan sebuah warung / gerobak usaha untuk kestabilan ekonomi keluarga Ibu Rohmah supaya bisa memaksimalkan usahanya dalam berdagang agar lebih mandiri yang InsyaAllah akan kami bantu dampingi dalam proses pengembangan usahanya.

CARA BERDONASI:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”

2. Masukan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit

Kami juga mengajak Anda untuk menceritakan kisah ini kepada orang baik lainnya dan menyebarkan kampanye ini.

InsyaAllah kami akan mengupdate perkembangan penyaluran donasi ini secara berkala di link ini dan media sosial kami, jika Anda ingin bertanya lebih lanjut bisa hubungi di media kami:

Generasi Madani Tasikmalaya

Alamat : Jl. Al-Fath No.57, Kp. Leles Kidul, RT 04 / RW07 Ciawi, Tasikmalaya 46156

SMS/WA/Telegram : 0822.7655.5592 (Faris Abdurrahman)

Instagram: @TasikmalayaBergerak

Facebook: Generasi Madani Tasikmalaya

Website: www.gmt.or.id

Terimakasih Banyak atas bantuannya, Saya yakin bahwa Anda adalah salah satu orang baik yang mengembalikan senyumnya Sindi.

9b97995751348947220400c719acdb74a7994c85

Salam berbagi,

Faris Abdurrahman.
#TasikmalayaBergerak

Belajar di Founder Institute

Assalamu’alaikum wr. wb.
Kamu tertarik membuat startup?
Ya, sama. Hal nya kami juga mempunyai ambisi membangun sebuah perusahaan teknologi yang menyelasaikan masalah
di masyarakat dengan inovasi dan kreatifitas bisnis dalam suatu sistem.
Founder Institute (FI) adalah short-course program yang berpusat di Silicon Valley (USA), membantu para
inovator merealisasikan inovasi startupnya dengan support mentor ternama di wilayahnya dan kucuran
dana investasi bagi yang berhasil melewati berbagai tahapan validasi bisnis.

FI Jakarta Summer saya dapatkan informasinya ketika menghadiri salah satu event startup di eventbrite.com,
yaitu tentang introduction startup worldcup, disana saya bertemu dengan salah satu alumni batch sebelumnya
yaitu Mas Yohanes Ari beliau CEO dari hoostia.com, beliau memaparkan bagaimana bermanfaatnya FI terhadap
pengalamannya di dunia startup, dan beliau tidak berbohong jika Founder Institute itu tough.

Dimana setiap minggunya akan mendapatkan tugas mingguan (weekly assignment) yang memakan waktu kerja 18 – 25 hours.
Mostly peserta yang bergabung adalah mereka karyawan yang ingin bertransisi menjadi entrepreneur.
Tapi tak luput juga para entrepreneur yang ingin mengepakkan sayapnya lebih lebar dengan network di founder institute.

Program Founder Institute berlangsung kurang lebih 4 bulan dengan pertemuan normalnya 1x perminggu, kala itu
dilaksanakan di Wisma Barito, Slipi.
Diluar pertemuan reguler, para peserta akan diwajibkan melakukan 2 weekly meeting dengan peer group minimal 1 x tatap muka
dan 1x bisa via telecoference atau video call.

Program ini berbayar ($550) dan seleksi (50$), dimana pada tahap seleksi kamu harus menyiapkan ide yang ingin kamu kembangkan,
dan menjawab beberapa rangkaian pertanyaan psikotes, dan tentunya jawabannya yang kamu sampaikan harus berbahasa inggris
karena pertanyaannya juga b.inggris

Pada saat itu saya berkesempatan untuk mengikuti tes tanpa berbayar, karena dalam waktu yang ditentukan (early bird).
Kemudian untuk biaya programnya pun alhamdulillah saya disponsori tempat saya bekerja.

FI pun memberikan garansi 100% fully refund untuk 2 minggu pertama dalam artian kita bisa mengikuti 2 sesi pertama,
Pada saat itu kita bisa mengikuti sesi pertama Orientation dan sesi kedua Vision and Idea.

Dan luar biasa, peserta sangat antusias. Saya berada di tengah – tengah orang orang hebat yang memiliki visi yang sama
yaitu menjadi seorang entrepreneur, ini adalah salah satu FI berani mengeluarkan statement 80% succes rate after graduate,
karena kita dikelilingi orang-orang yang positif.

Peserta yang terdaftar kala itu kurang lebih 80 orang dari seluruh Indonesia dan ada pula orang thailand,
jadi untuk penyampaian materinya pun menggunakan b.inggris, disini kita dibiasakan untuk menggunakan b.inggris karena mentor2 nya pun
ada yang import dari india dan USA tapi mungkin sudah lama di Indonesia jadi sudah fasih juga berbahasa indonesia.

Untuk fase awal FI mengharuskan meringkas ide bisnis kita dalam 1 menit pitching.
Singkat cerita saya memutuskan untuk lanjut setelah 2 sesi, dengan tidak merefund dana pendaftaran.

Ide yang dulu saya usung adalah GOOROO sebuah Startup bidang pendidikan, platform mobile apps yang membantu siswa menemukan tutor berdasarkan dari lokasi, biaya dan
latar belakang terbaik.

Nanti insyaAllah saya akan share apa materi apa saja yang didapat dari Founder Institute, stay connected ya.

Expensive VS Cheap Digital Marketing

People choose internet advertising and marketing techniques due to the fact nearly 1/2 of the world’s population is aware of html. If you have your own business, you need to decide on what kind of digital marketing approach works for you. Ask your self what are you going to avail of: the high priced net marketing techniques or the cheap ones? Others will pipe in “pricey!” without delay, however they do not know cheap net advertising and marketing method draws great benefits as well.

Here’s the lowdown and a comparative look at the cheap and high priced internet advertising strategies:

The high priced:

1. Pop-ups.
Not most effective is that this costly, but additionally outright stressful that traffic close pop-up home windows without even bothering to realize what they’re all approximately. That is an internet advertising approach that you could do without.

Fly advertisements are derivatives of pop-ups. That are also equally irking to the traffic.

2. Pod casts.

Broadcast is to television as pod solid is to internet. It is one sophisticated internet advertising method that can come what may impede your price range. But if you’re questioning outcomes, pod casting is really worth the money.

3. Paying the search engines like google.

How does this one work? While a person sorts in a keyword associated with your website, your url is automatically covered within the first page of the top results. Constant payment for the quest engine permits just that. Highly-priced, yes, but if we are talking about google and yahoo search engines like google and yahoo right here, then do not give it a second concept.

 

This is associated with another internet marketing method: the pay-in step with-click on machine.

The cheap:

1. Running a blog.

Pass alongside the bandwagon and weblog approximately your website. This is an internet marketing technique that is popular as of the instant, so that you never should worry that this could by no means spur outcome. All you need to do is sign up for a running a blog account, submit and voila! You don’t even need to pay!

2. Submit to not-so-big search engines.

This is reasonably-priced and dependable. If you submit your site to smaller search engines like google, you’ve got bigger possibilities to get bigger effects. Remember the fact that the hunt engine giants can dwarf and forget your website online without difficulty, so this net advertising and marketing approach may just be the proper one for you.

3. Text hyperlinks.

This is not just reasonably-priced…This is clearly free! Let a person textual content link your web site and go back the want.

Cheap versus costly, it really is continually the query that hounds on whenever we are looking to get some thing. Inside the discipline of net advertising, just be wise sufficient to determine out what’s going to healthy your needs. Pass for what you need as long as there are seen effects.